Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41997
Title: Pengaruh Image Product Terhadap Loyalitas Pengguna E-Commerce Di Indonesia Dengan Menggunakan Model Expectation Confirmation Theory (Ect) Dan Theory Reasoned Action (Tra)
Authors: Muhammad Rasyid Juliansyah
Advisors: A'ang Subiyakto, M.Kom
Aries Susanto HT, Ph.D
Keywords: Research Subject Categories::TECHNOLOGY;Research Subject Categories::TECHNOLOGY::Information technology
Issue Date: 8-Oct-2018
Publisher: Jakarta : Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Muhammad Rasyid Juliansyah – 1112093000006. Pengaruh Image Product Terhadap Loyalitas Pengguna E-Commerce di Indonesia dengan Menggunakan Model Expectation Confirmation Theory (ECT) Dan Theory Reasoned Action (TRA) dibawah bimbingan A’ANG SUBIYAKTO dan ARIES SUSANTO E-commerce di Indonesia mengalami perkembangan secara signifikan setiap tahunnya. Bermula dengan e-commerce yang sekedar berupa iklan baris, hingga sekarang menjadi marketplace yang penuh akan informasi produk yang akurat. Salah satu informasi yang diberikan adalah image product yang menjadi representasi atas product yang ditawarkan. Namun tidak semua image product dapat memberikan informasi yang akurat sebagaimana keinginan konsumen, sehingga tidak sedikit konsumen yang mengurungkan niat untuk bertransaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui loyalitas pelanggan berdasarkan pengaruh image product sehingga pelanggan melakukan transaksi secara berkelanjutan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat umum yang sudah pernah bertransaksi menggunakan e-commerce. Dari populasi tersebut terpilih sebanyak 606 responden yang tersebar di Jabodetabek dan sekitarnya untuk menjadi sampel dalam penelitian ini. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan insidental sampling. Proses analisis data menggunakan pendekatan partial square structural equation modeling atau PLS-SEM dengan SmartPLS versi 3.0. Model yang digunakan merupakan hasil dari adopsi, kombinasi, dan adaptasi dari model Loyalitas berdasarkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan e-commerce. Hasilnya, tingkat loyalitas berdasarkan persepsi pelanggan e-commerce berada pada tingkat yang baik. Secara inferensial, 2 dari 12 hipotesis yang diuji diantaranya ditolak. Sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat loyalitas pelanggan adalah kepuasan dan kepercayaan secara menyeluruh. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu para pemain ecommerce meningkatkan pelayanan sehingga membuat para pelanggan dapat melakukan transaksi secara berkelanjutan. Kata Kunci : E-commerce, Image, Loyalitas, Kepercayaan, Partial Square Structural Equation Modeling, SmartPLS.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41997
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
MUHAMMAD RASYID JULIANSYAH-FST.pdf4.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.